Kesehatan

11 Manfaat Tersembunyi Nanas Madu Bagi Kesehatan dan Diet

Nanas merupakan salah satu jenis buah yang tinggi akan nutrisi. Salah satu nanas yang populer di Indonesia adalah nanas madu. Nanas jenis ini memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Dengan mengonsumsi nanas madu, anda sudah bisa mendapatkan beragam jenis kandungan sehat yang bagus untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi.

Perbedaan Nanas Biasa dan Nanas Madu?

Simak dulu perbedaan nanas biasa dengan nanas madu berikut ini.

  • Memiliki ketebalan daging buah yang lebih tebal dari nanas pada umumnya
  • Ukuran nanas madu lebih besar dibandingkan dengan nanas biasa
  • Memiliki warna kuning yang agak ke orange
  • Nanas madu memiliki rasa yang manis juga segar. Berbeda dengan jenis nanas biasa yang memiliki rasa manis agak masam

Manfaat Nanas Madu Bagi Kesehatan

@ bogor.net

Buah nanas dengan rasanya yang manis tentunya membuat banyak orang gemar mengonsumsinya. Nanas madu juga memiliki nutrisi yang begitu kaya karena mengandung banyak zat sehat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beragam manfaat nanas madu yang tidak boleh anda lewatkan.

1. Mencegah kanker payudara

Manfaat nanas madu yang pertama adalah untuk mencegah kanker payudara. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi wanita. Untuk mencegah datangnya gangguan ini, anda bisa secara rutin mengonsumsi nanas madu.

Nanas madu mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah jenis kanker yang menyerang wanita satu ini. Nanas ini juga mengandung bromelain yang dapat membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.

2. Membuat kolesterol menjadi lebih stabil

@ otcdigest.id

Manfaat selanjutnya dari nanas madu adalah untuk menstabilkan kolesterol. Nanas madu mengandung vitamin C yang berfungsi dalam menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Vitamin C juga mampu memberikan efek kekebalan tubuh dari penyakit ataupun virus.

Meski demikian, nanas madu mengandung mangan yang dapat memecah asam amino pada tubuh, sehingga tidak disarankan bagi penderita asam lambung untuk mengomsumsinya secara berlebihan.

3. Menurunkan gula darah

Jika tidak ada gangguan kesehatan berupa asam lambung hingga memiliki penyakit gula, rutin mengonsumsi nanas madu sangat disarankan. Jenis nanas ini mengandung mangan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus untuk mencegah diabetes. Konsumsi nanas madu juga bagus dalam mengatasi gangguan sistem metabolisme.

4. Sumber vitamin dan mineral

Manfaat nanas madu selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin dan juga mineral. Tubuh manusia membutuhkan vitamin serta mineral setiap harinya. Untuk itu, konsumsi nanas madu tentu sangat disarankan. Ada beberapa jenis vitamin dalam nanas madu yang bisa digunakan untuk mempersehat tubuh seperti halnya vitamin C dan jenis vitamin A.

5. Mencegah terjadinya osteoporosis

@ tn.com.ar

Nanas madu juga bisa dijadikan sebagai buah penguat tulang serta untuk mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan buah satu ini mengandung zat yang baik bagi kesehatan yaitu fosfor dan kalium. Nanas madu juga sangat cocok untuk dikonsumsi para olahragawan agar kondisi badannya selalu kuat dan sehat.

6. Melancarkan saluran pencernaan

Nanas madu bagus untuk membuat saluran cerna menjadi lebih lancar. Nanas madu mengandung berbagai macam serat yang  membuat pencernaan bisa berjalan lebih lancar dan tidak ada gangguan.

Dengan saluran cerna yang sehat, membuat vitamin serta mineral yang dikonsumsi menjadi terserap secara lebih sempurna. Pencernaan yang baik juga mampu membantu mengeluarkan sisa makanan serta bakteri dari dalam tubuh.

7. Mengatasi rasa mual

Mual bisa disebabkan banyak hal seperti halnya mengonsumsi makanan yang bersantan, perjalanan panjang, asam lambung naik atau bahkan mencium aroma yang tidak enak. Banyak orang gemar mencari sesuatu yang segar-segar untuk meredakan rasa mual tersebut.

Salah satu buah segar yang bisa meredakan mual adalah nanas madu. Semua jenis nanas pada dasarnya mengandung banyak air yang mampu mengobati dehidrasi secara cepat. Nanas bisa dijadikan sebagai buah untuk menetralkan asam lambung sekaligus untuk mengobati peradangan dengan kandungan enzim bromelainnya yang bersifat antiinflamasi.

8. Membantu meredakan nyeri saat haid

@ pngline.com

Nyeri saat datang bulan memang biasa dialami oleh wanita. Meski demikian, ada beberapa wanita yang cenderung mengalami rasa sakit yang begitu menyiksa sehingga membuatnya tidak dapat bergerak dengan leluasa. Untuk mengurangi rasa sakit ketika haid, anda bisa mengonsumsi nanas madu. Jenis nanas ini mengandung antioksidan yang bagus dalam mengurangi rasa sakit ketika haid datang.

9. Sebagai obat rematik

Nanas madu juga bisa dijadikan sebagai obat rematik atau asam urat. Di dalam nanas madu terdapat zat antiinflamasi yang bisa meningkatkan kadar Superoksida Dismutase (SOD) dalam tubuh. Jika kandungan tersebut cukup tinggi di dalam tubuh maka resiko rusaknya sistem sendi akan semakin berkurang. Dengan demikian, nanas madu bisa dijadikan sebagai buah untuk menyembuhkan asam urat.

10. Menyembuhkan batuk dan pilek

Nanas madu mengandung nutrisi sehat berupa vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat anda tidak mudah sakit. Vitamin C dalam nanas juga baik dalam mencegah serta menyembuhkan gangguan kesehatan berupa batuk dan pilek.

11. Untuk keperluan diet

@ abcnews.go.com

Nanas madu juga bisa dijadikan sebagai buah sehat di kala diet. Nanas madu memiliki banyak kandungan air berikut dengan serat di dalamnya. Kandungan tersebut bisa membuat seseorang merasa kenyang sehingga tidak mengambil porsi besar ketika waktu makan tiba. Jika memang ingin membuat berat badan turun, anda bisa memasukkan nanas madu ke dalam buah sehat sebagai menu diet.

Selain nanas madu, anda juga bisa menggunakan buah-buahan lainnya untuk keperluan diet. Buah memiliki banyak kandungan sehat yang bukan hanya serat saja, namun juga beragam vitamin serta nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Dengan demikian, penurunan berat badan bisa lebih cepat, sekaligus tubuh yang kuat dan sehat tentu bisa anda dapatkan.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi nanas madu. Untuk membelinya sendiri, anda bisa berkunjung ke pasar tradisional ataupun yang modern sekalipun. Harga nanas madu juga cukup terjangkau sehingga tidak membebani kantong.

Leave a Reply

Close
Close