google0695e6c9d56b4990.html
Seputar Jawa Tengah

Latgab SAR – Polres dan Kodim 0725 Menyongsong Banjir Di Sragen

Kita perlu waspada, karena Sragen dilintasi sungai Bengawan Solo, sehingga titik rawan banjir harus kita kenali, dan juga kesiapan kita untuk melakukan pertolongan," tutur AKP Suyono, kepada reporter uklik.net, saat berlangsungnya latihan Gabungan, di Waduk Kembangan, Senin(13/1).

uklik.net – SRAGEN – Menyongsong datangnya banjir yang dimungkinkan datang tak diduga duga , sejumlah elemen search and rescue atau SAR di Kabupaten Sragen Jawa Tengah melakukan latihan gabungan. Mereka yang berlatih bersama adalah Sejumlah Tim Relawan SAR – personil Polres Sragen dan personil Kodim 0725 Sragen. Merka menggelar Latihan Gabungan atau Latgab di Waduk Kembangan , Mojorejo Kecamatan Karangmalang Sragen pada Senin 13 Januari 2020.

Latihan Gabungan untuk menyongsong datangnya banjir di Kabupaten Sragen ini diikuti sekitar 100 personil dengan 20 Instruktur. Waduk Kembangan yang berada di Kawasan Mojorejo Kecamatan Karangmalang Sragen , yang biasanya sepi terlihat meriah dengan hadirnya para peserta latihan. Volume air yang melimpah membuat agenda latihan lebih berkualitas dengan berbagai teknik search and rescue yang diberikan para instruktur.

Para personil Polres Sragen yang berasal dari Satuan Shabara tampak antusias mengikuti pelatihan dengan pakaian dinas lapangannya. Kepala satuan Sabhara Polres Sragen AKP Suyono memimpin sendiri ditengah waduk bersama anak buahnya. Menurut AKP Suyono , latihan ini menjadi bagian dari tugas personil untuk sewaktu waktu menghadapi bencana banjir.

Meski hingga saat ini , bencana banjir dalam skala besar belum melanda kawasan Kabupaten Sragen namun kewaspadaan tetap dilakukan. Hal itu mengingat beberapa daerah di Jawa Tengah seperti di Kabupaten Grobogan sudah dihantam banjir menghancurkan beberapa insfrastruktur seperti tanggul. ” Kita perlu waspada , karena Sragen dilintasi sungai Bengawan Solo , sehingga titik rawan banjir harus kita kenali , dan juga kesiapan kita untuk melakukan pertolongan,” tutur AKP Suyono , kepada reporter uklik.net , saat berlangsungnya latihan Gabungan , di Waduk Kembangan , Senin(13/1).

Antusias latihan juga ditampakkan oleh personil Kodim 0725 Sragen dalam mengikuti arahan arahan para instruktur. Sama dengan Polisi , para personil TNI juga terjun ke arena latihan dengan pakaian dinas lapangannya.

Sementara itu menurut istruktur yang didatangkan dari Himalawu , menyebut Latihan Gabungan ini merupakan latihan dasar yang wajib diketahui oleh tim search and rescue.

Joned Joko Warsito , seorang instruktur dari Himalawu menyebut beberapa teknik yang dilatihkan dalam Latgab kali ini antara lain ; Renang Jauh sekitra 300 meter , Dayung Perahu , Teknik Naik ke Perahu , Olah Gerak Perahu , Teknik Setir Perahu dan teknik menaikkan korban ke perahu.  ” Kita agendakan nanti , latihan di air yang deras , agar personil lebih siap lagi menghadapi bencana banjir,” ujar Joned Joko Warsito , salah seorang instruktur senior di SAR Himalawu Sragen.

Kegiatan Latgab SAR di Sragen ini berlangsung sehari , dibuka oleh Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan pada Senin pagi, 13 Januari 2020. ( Saf )

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close