Seputar Depok

Pemkot Apresiasi Lomba Sinergitas Tingkat Kecamatan

Walikota Depok, KH. DR. Mohamad Idris, MA menyatakan, dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Kabid Pemerintahan Kota Depok, Mukhsin Mawardi pada acara Penilaian Lomba yang berlangsung di Kecamatan SukmaJaya, Rabu (24/07/2019).

uklik.net – Walikota Depok KH Mohamad Idris mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Depok dan pribadi, kembali menyampaikan apresiasi dimana kegiatan Lomba Sinergitas Kecamatan Sukmajaya, mampu meningkatkan peran warga dan memberikan pelayanan terbaik kepada publik. Dalam Peraturan Gubernur Jawa Barat nomor 23 tahun 2018 tentang pedoman sinergitas kinerja Kecamatan untuk meningkatkan pelayanan publik di daerah provinsi Jawa Barat.

 Lanjutnya, ada lima peran khusus untuk dilaksanakan Camat dalam mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan yang pertama yakni, pelimpahan sebagian kewenangan otonomi daerah kepada Camat menjadi suatu keniscayaan adalah hal yang mutlak untuk dilaksanakan dalam rangka efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan di wilayah kecamatan.

Kedua, kepada Kecamatan untuk menyusun Usulan-usulan kegiatan teknis dan didukung pendanaan yang berbasis kinerja seperti yang dilakukan oleh perangkat daerah lainnya.

Ketiga, penguatan kelembagaan dan SDM Kecamatan yang harus dimaknai sebagai suatu proses investasi kepemimpinan lokal jangka panjang untuk mendukung tugas pokok dan fungsi organisasi Kecamatan.

Keempat perlu dilakukannya peningkatan manajemen pelayanan publik dan gagasan inovasi pelayanan publik yang secara konkrit melaksanakan fungsi negara dalam rangka penciptaan kondisi yang dinamis aman tertib dan Sinergi antar berbagai elemen penyelenggaraan pemerintahan dan masyarakat dalam Rangga rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

“Bahwa tujuan pemerintahan adalah mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik maka hendaknya Camat sebagai bagian pemerintah terdapat di wilayah haruslah dapat mewujudkan hal tersebut,” terangnya.

Walikota menjelaskan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja kecamatan beserta seluruh jajarannya.

“Kita berikan apresiasi atas kerja kerasnya dan saya harap terus untuk berkolaborasi, bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayah kecamatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. Selain itu juga tetap berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik nya yaitu nasi tim pembinaan tingkat kecamatan.

“Kita semua berharap kinergi Perangkat daerah dapat mendongkrak Kota Depok lebih maju lagi,” ungkapnya. Muchsin Mawardi mengatakan, kapasitas Camat dalam upaya meningkatkan kualitas produk dan peran masyarakat dan kegiatan ini akan diambil tiga besar akan diambil 3 besar.

”Mudah-mudahan saya bisa menampilkan yang terbaik ya ya tentunya tidak dapat berbuat banyak tanpa dukungan perangkat dan juga dari stakeholder yang ada.” harap Tito.

Disebutkan di wilayah Depok dalam lomba sinergitas kecamatan di tingkat provinsi memang masih belum dapat berbuat, meski lomba di tingkat kelurahan belum lama ini, yang diwakili kelurahan Bojong Pondok Terong ini bisa meraih juara dua tingkat Propinsi, Jawa Barat.

Sementara itu, Camat Sukma Jaya Dalam, Tito A mengakui, permasalahan tentang Sinergitas ada di Kecamatan Sukmajaya. ”Banyak dan mulai dari permasalahan sosial nya permasalahan ekonominya masalah kenakalan remajanya ini semuanya butuh kerjasama kita semuanya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” pungkasnya. (red)

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close