google0695e6c9d56b4990.html
Seputar Jawa Tengah

Wisata Telaga Sarangan Sepi Dampak Corona

Bila dihari hari biasa ratusan bahkan ribuan pengunjung yang hadir menikmati telaga , kali ini jumlah wisatawan bisa dihitung kurang dari seratus. Mereka adalah warga yang sudah menjadwalkan diri untuk piknik ke Telaga Sarangan.

uklik.net – MAGETAN , JATIM – Wabah virus Corona atau Covid 19 membuat sektor wisata menjadi sepi pengunjung. Seperti yang terlihat di Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur , suasana telaga di kaki gunung Lawu itu sepi wisatawan.

Obyek wisata andalan Kabupaten Magetan Telaga Sarangan ikut terdampak mewabahnya Corna Virus. Jumlah pengunjung , menurut keterangan pengelola , merosot tajam seusai adanya pengumuman , pasien positif Corona Virus yang dimakamkan di Magetan.

Keadaan itu menghantam ekonomi pelaku wisata seperti pengusaha perahu maupun pedagang kuliner.
Obyek wisata yang berada di kaki gunung Lawu ini sebetulnya diminta tutup oleh Bupati Magetan. Tapi pengelola tetap membuka loket masuk untuk melayani wisatawan yang terlanjur datang.

Berbeda dengan kebanyakan tempat wisata lainnya di Kabupaten Magetan yang sudah ditutup, hingga hari ini wisata Telaga Sarangan masih dibuka. Hal ini dilakukan karena lokasi wisata Telaga Sarangan menjadi satu dengan pemukiman Desa Sarangan. “Itu persoalannya karena obyek dan pemukiman itu menjadi satu.” ungkap VT. Nicolas S. Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, dikutip dari media jatimtimes.

Menurutnya untuk menangani persoalan ini, langkah yang harus dilakukan adalah kewaspadaan seperti melalui pemeriksaan di pintu masuk baik untuk warga maupun tamu. “Di pintu masuk juga sudah disediakan hand sanitizer dan thermal scanner.” tambahnya.

Bila dihari hari biasa ratusan bahkan ribuan pengunjung yang hadir menikmati telaga , kali ini jumlah wisatawan bisa dihitung kurang dari seratus. Mereka adalah warga yang sudah menjadwalkan diri untuk piknik ke Telaga Sarangan.

Salah satu pengusaha perahu di Telaga Sarangan , Sukirno , merasakan betul sepinya pengunjung. Dirinya tetap menyiapkan perahu untuk melayani pengunjung seadanya. Sedangkan perahu perahu lain , lebih banyak yang bersandar dan ditutup terpal.

Keadaan seperti ini , menurut Sukirno baru pertama kali terjadi. Dirinya berharap kondisi wisata Telaga Sarangan bisa pulih lagi pasca wabah virus Corona ini mereda. ” Hari ini sepi sepi banget. Biasanya bisa dapet tiga empat kali , kali ini belum juga ada yang naik,” ujar Sukirno , kepada reporter uklik.net yang mewancarai di tepi Telaga Sarangan.

Sementara Suyatno , wisatawan asal Jambi , mengaku memanfaatkan waktu pulang ke Jawa untuk mampir ke beberapa obyek wisata di kawasan Lereng Lawu Magetan. Dirinya tak menyangka Telaga Sarangan bisa sepi pengunjung seperti ini. Meski ada anjuran untuk tidak mengunjungi obyek obyek wisata , Suyatno mengaku sedikit nekat karena memanfaatkan waktu pulang kampung ke Jawa. ” Pumpung pulang ke Jawa nih. Tak menyangka bisa sepi kayak gini. Tapi kita tetap kunjungi beberapa obyek wisata yang buka. Terakhir kita rencana ke Tawangmangu,” jelas Suyatno , Rabu(18/3) sore sebelum meninggalkan Telaga Sarangan.  ( Saf  )

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close
Close