Seputar Bogor

PPDB SMK 3 Bogor Berjalan Dengan Lancar

Diharapkan pelaksanaan PPDB di SMKN 3 Bogor berjalan dengan lancar , tertib  sesuai dengan alur yang telah dibuat dan pendaftaran dimulai dari pukul 07.00 , walau telah banyak yang mengantri pada pukul 6 pagi saat pendaftaran pertama di buka (17/06/2019).  Sedangkan hari terakhir Sabtu (22/06/2019) pendaftar sudah mulai berkurang. 

uklik.net – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020  di SMKN 3 Bogor mulai dibuka pada 17 Juni 2019 dan berakhir pada tanggal 22 Juni 2020, hari pertama dibuka sangat sangat banyak, namun di hari berikutnya dibatasi dengan jumlah pendaftar maksimal 200 orang. Kendati demikian, proses pelaksanaa PPDB  di SMKN3 Bogor berjalan dengan lancar dan tertib.

Menurut Panitia PPDB di SMKN 3 Kota Bogor, Ade Sugiawan, mengatakan sistem penerimaan siswa tahun ini untuk persyaratan PPDB terdiri 5 jalur, yaitu :

  1. Jalur Prestasi NHUN melelui nilai NHUN
  2. Jalur Non NHUN atau sering disebut jalur nin prestasi.
  3. Jalur KETM Keluarga Ekonomi Tidak Mampu
  4. Jalur Perpindahan Orang Tua
  5. Jalur ABK Anak Berkebutuhan Khusus
  6. Adapun dalam persyaratan diatas merupakan syarat mutlak, mengenai jalur KETM  (Keluarga Ekonomi Tidak Mampu) khususnya harus ada  kartu lndonesia Puntar /Kis, apabila tidak ada dibuatlah surat keterangan dari integritas kepala sekolah.

Dan jumlah pendaftar sampai hari ini, Sabtu (22/06/2019) telah mencapai 800, quota  atau jumlah murid yang akan diterima sebanyak  540 siswa untuk 15 kelas dari 5 kompetensi keahlian yang masing-masing kelasnya berjumlah 36 murid.  Tentunya dikurangi dengan siswa yang tidak naik kelas.

  1. “Untuk kopetensi keahlian di SMKN 3 Bogor ada Tehnik Komputer Jaringan (TKJ) kita menerima 2 kelas, Perhotelan 3 kelas, Tata Busana 3 kelas, Kecantikan Kulit dan Rambut 2 kelas, Kuliner atau Tata Bogor 5 kelas. Jadi ada 5 kompetensi keahlian,” kata Ade.

Masih kata Ade, tahun ini, ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana jalur guru atau PMG tahun ini tidak ada sedangkan tahun lalu masih ada.

Prosentasi yang berlaku di SMK Bogor, jalur NHUN yang terseleksi di SMKN 3 Bogor sebesar 70 %,  jalur KETM 20%,  jalur perpindahan 5 % dan jalur prestasi 5%.

Ditambahkannya, bahwa untuk sistem penerimaan siswa secara online yang dilaksanaskan tahun ini pihak sekolah berperan hanya meng-input saja. Namun, segala hal yang mengenai kewenangan dan keputusan diterima atau tidaknya dari pusat. Dari hari pertama hingga terakhir tidak ada hambatan.

Related Articles

Leave a Reply

Close
Close